Senin, 07 Januari 2013

Kota Kupang NTT

Kupang adalah ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, dan estimasi 2.011 penduduk adalah 349.344. Ini adalah kota terbesar dan pelabuhan di pulau Timor.

Kota Kupang, dalam hal administrasi, sebuah kota (kota) yang memiliki status yang sama sebagai kabupaten (kabupaten) dalam sistem administrasi Indonesia. Para perwira utama adalah walikota dan wakil walikota, pejabat terpilih yang memegang jabatan selama lima tahun. Walikota saat ini dan wakil walikota adalah Yonas Salean dan Man Harmanus yang sumpahnya oleh gubernur provinsi Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, di Kupang pada tanggal 1 Agustus 2012. Mereka akan memegang jabatan untuk periode 2012-2017.

Kupang saat ini dibagi menjadi 6 kecamatan:

     Alak
     Kelapa Lima
     Kota Raja
     Kota Lama
     Maulafa
     Oebobo


Kupang merupakan kota multi-etnis dari suku Timor, Rote, Sabu, Flores, seorang imigran etnis Cina dan kecil dari Ambon dan suku lainnya. Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik tahun 2011, warga Kupang yang berjumlah 349.344 orang, terdiri dari 179.323 laki-laki dan 170.021 perempuan.

Kupang memiliki iklim tropis basah dan kering sesuai dengan klasifikasi iklim Köppen. Tidak seperti banyak kota di luar Indonesia dengan iklim ini, suhu rata-rata relatif konstan sepanjang tahun, rata-rata sekitar 28 derajat Celcius, suhu tidak pernah melebihi 42,0 ° C (108,0 ° F) dan tidak pernah turun di bawah 15,9 ° C (60,6 ° F) . Kupang mengalami musim hujan dan kemarau panjang yang sama, dengan musim hujan mulai dari bulan November hingga April, dan musim kemarau yang meliputi enam bulan tersisa. Kupang melihat curah hujan terberat antara Desember dan Maret. Kota ini melihat rata-rata sekitar 1.550 mm curah hujan per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar